10 Hal yang Harus Dilakukan Penulis - RUMAHKAYU INDONESIA
Trending
Diberdayakan oleh Blogger.
Minggu, 29 Maret 2015

10 Hal yang Harus Dilakukan Penulis


Menulis adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan dalam hidup ini. Kamu bisa menumpahkan segenap imajinasi yang menggenangi tempurung kepalamu menjadi sebuah cerita yang indah. Namun sayangnya menulis itu ternyata tidak semudah menatap awan yang melintas di atas kepalamu. Sudah banyak penulis yang frustasi lantaran merasa kesulitan dalam menulis. Namun kamu tidak usah bersedih dulu. Berikut  adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang penulis.

1.Mulailah Sebelum Kamu Merasa Siap

Maksudnya begini. Jika kamu menunggu sampai kamu merasa siap 100%, kamu mungkin tidak akan pernah memulainya. Mulailah menulis sebelum kamu merasa betul-betul siap. Setelah itu kamu akan mengetahui bahwa ternyata kamu itu sebetulnya sudah cukup siap kok untuk mulai menulis, kapan pun itu.

2. Menulislah Seperti Kamu Berbicara

Kamu tentu sering tergoda untuk menulis seperti penulis profesional agar kamu terlihat seperti kaum intelektual, tetapi ingatlah, kesederhanaan selalu menang setiap saat. Hindari struktur kalimat yang rumit dan terlalu banyak kata sifat. Menulislah seperti kamu sedang berbicara. Tumpahkan semua kata-kata yang kamu ingin ucapkan. Bersenang-senanglah akan hal itu. Jangan khawatir tulisanmu buruk dan tidak enak dibaca. Kamu masih bisa memperbaikinya nanti, tenang saja.

3. Menulislah Secara Utuh

Menulis kerangka karangan atau membuat outline poin per poin secara kasar hanya akan membuatmu semakin jauh dari tujuanmu menulis. Tulislah secara utuh, secara lengkap, sampai benar-benar siap untuk diedit.

4. Hindari Perfeksionisme

Sampai kapan pun, tulisanmu tidak akan pernah sempurna, dan berjuang untuk menuju kesempurnaan itu adalah perjuangan yang sia-sia. Terimalah bahwa tulisanmu sudah cukup baik. Toh, nanti tulisanmu semakin lama akan menjadi baik, semakin baik, jauh lebih baik dari sebelum-sebelumnya, tetapi tidak pernah sempurna. Ingatlah perkataan Haruki Murakami dalam novelnya yang berjudul Hear the Wind Sing: Tidak ada kalimat yang sempurna.

5. Menulislah untuk Pembaca Kamu

Kamu mungkin memang belum seterkenal Seno Gumira Ajidarma atau pun Orizuka, tetapi anggap saja sekarang kamu sudah memiliki beberapa orang pembaca—walaupun itu hanya imajinasimu semata. Bayangkanlah tentang mereka dan menulislah untuk mereka. Dengan membayangkan mereka, kamu akan menulis langsung untuk audiens kamu.

6. Hindari Pengulangan Kata

Jangan terlalu banyak menggunakan kata yang itu-itu saja untuk mengekspresikan perasaan yang serupa. Cari kata-kata yang berbeda dari kata-kata yang sudah sering kamu tulis sebelumnya. Dengan begitu, tulisanmu akan menjadi lebih baik.

7. Menulislah Setiap Hari

Menulis setiap hari akan membuatmu terhindar dari writer’s block. Kebiasaan menulis setiap hari akan membuat keterampilan menulismu meningkat. Percayalah dengan pepatah ini: practice makes perfect.

8. Membuat Draft Pertama

Tidak ada karya yang langsung jadi. Ingat hal ini baik-baik. Kalau perlu kalimat ini ditulis di kertas besar dan tempelkan di tembok kamarmu. Dalam membuat draft pertama, jangan pernah berpikir untuk mengeditnya. Sebab, menulis dan mengedit adalah tindakan yang berbeda, dan itu sebabnya harus dilakukan secara terpisah.
9. Jangan Tunggu Momen Sempurna
Momen yang paling sempurna untuk menulis mungkin tidak akan pernah datang kepadamu sampai akhirnya kamu menjadi tua dan mati di tempat duduk. Jadi, jangan cuma duduk menunggu momen sempurna itu datang. Momen terbaik untuk mulai menulis adalah sekarang.
10. Bergabung dengan Grup Penulis
Sebuah grup penulis akan sangat membantumu dalam menulis. Duduk bersama orang-orang yang memiliki kecenderungan serupa adalah hal yang sangat menyenangkan. Dari grup penulis inilah kamu bisa tetap menjaga energi menulismu agar tetap menyala. [Spoila]
 
10 Hal yang Harus Dilakukan Penulis Reviewed by Alizar Tanjung on 20.14.00 Rating: 5 Menulis adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan dalam hidup ini. Kamu bisa menumpahkan segenap imajinasi yang menggenangi tempurung...

Tidak ada komentar: