Rumahkayu Pekanbaru: Gelar Pelatihan Menulis Perdana Di Pustaka Soeman Hs - RUMAHKAYU INDONESIA
Trending
Diberdayakan oleh Blogger.
Selasa, 31 Maret 2015

Rumahkayu Pekanbaru: Gelar Pelatihan Menulis Perdana Di Pustaka Soeman Hs


Photo ketika penyerahan sertifikat penghargaan kepada pemateri yaitu Bu Alvi Puspita (Dosen Bahasa Indonesia UIN & Unilak Pekanbaru)
Komunitas Rumahkayu Pekanbaru telah menggelar diskusi atau pelatihan menulis pada Sabtu, 28 Maret 2015 lalu. Pelatihan menulis tersebut adalah pelatihan yang perdana dari 9 (sembilan) kali pertemuan. Pada pertemuan perdana tersebut mengangkat tema tentang ‘Menulis Essai’ dengan menghadirkan pembicara Alvi Puspita, SPd, MA. Alvi Puspita adalah seorang akademisi dan penulis essai.
Sebelum memaparkan makalahnya Alvi menuturkan bahwa jika seorang penulis ingin menuliskan sebuah essai maka terlebih dahulu ia harus mengetahui segala hal yang terkait dengan esai seperti defenisi essai, sifat-sifat essai, hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis essai dan lain sebainya. Sebelum masuk pada pemaparan materi Alvi meminta dua orang peserta membacakan essai yang ditulis oleh penulis ternama Goenawan Muhammad.
Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan makalah dari Alvi Puspita. Dalam makalahnya Alvi memaparkan terkait defenisi essai yakni karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Sedangkan bahasa essai adalah bahasa yang baku, logis, ringkas, jelas, dan efektif.
Dengan materi ‘Menulis Essai’ yang diberikan kepada peserta pada diskusi perdana kelas menulis Rumahkayu Pekanbaru ini bertujuan agar selanjutnya setiap peserta mampu menulis essai tanpa mengesampingkan menulis jenis tulisan lain.
Untuk pertemuan kedua dan selanjutnya agenda diskusi menulis yang diselenggarakan oleh komunitas Rumahkayu Pekanbaru ini masih memakai tempat di pustaka Soeman Hs pekanbaru lantai 3 (tiga) pada ruang diskusi atau meja melingkar. Pertemuan kedua kelas menulis komunitas Rumahkayu Pekanbaru dilaksanakan pada Sabtu, 4 April 2015.
Untuk tiap pertemuan peserta diwajibkan membawa tulisan sesuai jenis tulisan yang dipilih masing-masing peserta berdasarkan bakat yang ia miliki. Di samping itu, peserta diberi tugas-tugas lain yang berkaitan dengan menulis.[Rumahkayu Pekanbaru]





Rumahkayu Pekanbaru: Gelar Pelatihan Menulis Perdana Di Pustaka Soeman Hs Reviewed by Kabara on 23.17.00 Rating: 5 Photo ketika penyerahan sertifikat penghargaan kepada pemateri yaitu Bu Alvi Puspita (Dosen Bahasa Indonesia UIN & Unilak Pekanbaru...

Tidak ada komentar: