DISKUSI PIMPINAN RUMAHKAYU INDONESIA DI GRUP TITIP TEMU EDISI I - RUMAHKAYU INDONESIA

728x90 AdSpace

Trending
Diberdayakan oleh Blogger.
Selasa, 26 Mei 2015

DISKUSI PIMPINAN RUMAHKAYU INDONESIA DI GRUP TITIP TEMU EDISI I

  • Harumika Sakurai Ayo dimulai kak smile emotikon saya sudah siap untuk menyimak smile emotikon
    2 jam · Suka · 1
  • Septi Dwi Saputri nyimak juga smile emotikon
    2 jam · Suka · 1
  • Dwi Yulianto Disini ya. Ok. Siap (tangan di atas meja, siap nyimak saja)
    2 jam · Suka · 1
  • Alizar Tanjung Berbicara mengenai cerpen sebenarnya kita berbicara tentang kehidupan yang kita ciptakan sendiri. Dan untuk memulai diskusi ini saya persilahkan kepada peserta diskusi untuk mengajukan pertanyaan kepada saya, hal yang berhubungan dengan cerpen tentunya.
    2 jam · Suka · 5
  • Heri Sutrisno bismillah.
    2 jam · Suka · 1
  • Lia Wt oke ^^
    2 jam · Suka · 1
  • 2 jam · Suka · 1
  • Zahraa Senja Nyimakk ...
    2 jam · Suka · 1
  • Heri Sutrisno tanya mas alizar, sebenarnya bagaimana menciptakan sebuah cerpen yang bagus. tentunya dari segi kualitas.
    2 jam · Suka · 2
  • Tazkia Tata Apakah setiap cerpen dg ending yg tak bsa di tebak pasti cerpen yg menarik?
    2 jam · Suka · 2
  • Basuki Fitrianto Ikut masuk kelas.
    2 jam · Suka · 1
  • Zahraa Senja Pentingkah twist ending pada sebuah cerpen, kak Alizar Tanjung?
    2 jam · Suka · 3
  • Ramdani Abdul Jabar apa sih cerita pendek? apa itu cerita?
    2 jam · Suka · 1
  • Alizar TanjungHeri Sutrisno I ALIZAR TANJUNGI Bagaimana menciptakan cerpen yang bagus? Cerpen yang bagus sebenarnya cerpen yang kita garap dengan sesuatu yang dekat dengan kita atau yang kita kuasai. Tulislah tema-tema kecil yang Heri Sutrisno kuasai. Kemudian analisis tema-tema kecil, kembangkan dengan teknik penulisan yang dekat dengan Heri. Kalau saya menggunakan kekuatan dialog dan deskripsi untuk membangun cerpen-cerpen saya. Lakukan deskripsi yang membuat pembaca seolah merasakan kehadiran cerita.
    2 jam · Suka · 7
  • Nurmasf Fiverthefunnys Kak alizar, saya mau tanya. Sampai batas mana mendeskripsikan detail-detail dlm cerpen. Misalkan kalau mengisahkan kejadian yang urutannya panjang.
    2 jam · Suka · 1
  • Rio Dwi Cahyono mas, bagaimana membuat awal, konflik dan ending cerpen yang baik? soalnya saya sering ikutan event dan gagal
    2 jam · Suka · 2
  • Intan Dewi Pranastiti Adakah tips untuk mengawali kalimat pembuka cerpen. Biar lebih menarik dan tidak terkesan monoton? Jdi pembaca pun bisa tertarik dr paragraf awal ...
    2 jam · Suka · 1
  • Alizar TanjungTazkia Tata I ALIZAR TANJUNGI Apakah ending yang tidak bisa ditebak merupakan cerpen menarik? Belum tentu Tazkia Tata. Membuat pembaca penasaran hanya salah satu bagian dari cerita. Memang benar semakin endingnya tidak bisa ditebak ada indikasi cerpen itu bagus, tetapi belum tentu itu cerpen yang terbaik. Kekuatan ending cerita didukung oleh bagaimana kecerdasan cerpenis dalam memainkan dialog antar tokoh, kedetailan cerpenis mendeskripsikan cerita. Barangkali ada cerita yang sebenarnya idenya biasa, melainkan karena si cerpenis benar-benar menggunakan kecerdasan psikologis untuk membangung dialog antar tokoh, dan menggunakan kekuatan deskripsi untuk menyampaikan cerita.
    2 jam · Suka · 7
  • Yoggy Satya W Tema itu sebenarnya apa sih? apa pentingnya untuk cerita yang akan kita tulis? terus, tema yang baik itu seperti apa? Tema itu bakal nentuin bagus-jeleknya karya kita tidak? apakah saat mau nulis cerpen, kita mesti nentuin temanya dulu? smile emotikon
    2 jam · Suka · 1
  • Alizar TanjungZahraa Senja I ALIZAR TANJUNG I Twist? Barangkali yang dimaksud konflik pada titik tertentu yang tidak terlacak oleh pembaca. Ciptakan twist itu dengan sealami mungkin. Karena cerpen adalah cerita pendek, cerita yang benar pendek, bukan cerita yang dipendek-pendekkan. Sebaiknya kalau saya sendiri mengambil titik fokus cerita pada satu konflik, konflik kecil ini yang kita buat semenarik mungkin. Ide dalam sebuah cerita tidak perlu ide besar. Ide kecil yang Zahra kembangkan dengan matang itulah cerita.
    2 jam · Suka · 1
  • Chaery Ma Mas Alizar Tanjung untuk mengirim naskah di kompas atau tempo itu bagaimana triknya ...?
    2 jam · Suka
  • Farid Kurniawan Nz *nyimak dulu
    2 jam · Suka
  • Harumika Sakurai Kak Alizar Tanjung bagaimana cara untuk mengeksekusi cerita dengan alur flashback? khususnya untuk cerpen. Terkadang saya bingung di bagian peralihan ceritanya.
    2 jam · Suka
  • Alizar TanjungRamdani Abdul Jabar I ALIZAR TANJUNG I Apa itu cerpen? Ramdani cerpen dalam pengertian saya, adalah cerita yang selesai satu kali baca. Sambil minum kopi atau teh cerpen itu selesai dalam dibaca. Ini artinya cerpen yang dibuat cerpenis itu hendaknya memang simpel, hanya berlangsung sesaat. Ada orang yang mengarang cerpen hanya untuk 5 halaman cerpen, tetapi rentang waktu penceritaan dalam cerpen itu sampai berhari-hari, bahkan bertahun-tahun. Kenapa kita tidak membuat cerpen yang rentang waktu yang seolah-olah hanya terjadi kejadian itu dalam rentang waktu hitungan jam. Ketertarikan saya dengan rentang waktu kejadian dalam cerpen dengan jarak pendek, membuat cerpen-cerpen saya hari ini lebih banyak dengan rentang waktu sesaat.
    2 jam · Suka · 4
  • Karunia Sylviany Sambas Uda Ali, bagaimana cara membuat plot cerita yang baik?
    2 jam · Suka
  • Mafidatul Ilmi Seru smile emotikon . Mas Alizar Tanjung saya selalu merasa kesulitan menentukan judul. Adakah saran?
  • Deni Kusuma nyimak
    2 jam · Suka
  • Ademia Nurul Fuadah Bang, saya kadang bingung mengeksekusi ide yang berkeliaran di kepala. Itu gimana ya?
    2 jam · Suka
  • A.f. Ferdians Mas Alizar Tanjung , saya mau nanya. tentang genre apa yang mas suka? genre yang membuat karya mas selalu berlalu lalang di media-media? dan kenapa mas suka dengan genre itu? terimakasih smile emotikon
  • Alizar TanjungNurmasf Fiverthefunnys I ALIZAR TANJUNG I Mulailah pendeskripsian cerita saat konflik mulai dihadirkan secara perlahan. Cerita-cerita yang tidak ada hubungannya dengan konflik silahkan di delete saja, karena itu hanya memperpanjang cerita dan membuat isinya tidak nyambung. Cerpen kita kepanjangan tetapi enggak enak dibaca, kita sendiri merasa tidak bagus cerpen itu. itu karena hal-hal yang tidak penting dalam cerita di masukkan juga. Saya ingin mencontohkan ada seorang yang membuat cerpen tentang kisah cinta di sekolah, dia mulai menceritakan ksiah cinta itu mulai dari pertemuan, kemudian saling tegur, saling sapa, saling mulai lirik-lirikkan, jatuh cinta, jalan, ketemuan. Kalau seperti ini maka cerita terlalu berlarut-larut. Mengapa tidak memutuskan mengambil satu bagian cerita yang paling menarik dari sisi konflikya. Misal cerita itu dimulai dari suatu kejadian : ORIGAMI MERAH. Ada seorang tokoh perempuan selalu datang ke Sungai Baturaden. Pagi itu dia datang untuk menghanyutkan origami merah ke sepuluh. Maka mulailah cerita dari saat ORIGAMI MERAH Itu dihanyutkan. Ceritakan dengan tenang dan sabar. Buat mendapatkan cerita yang bagus itu kita harus tenang dan sabar menuliskan bagian demi bagian.
    1 jam · Suka · 5
  • Atik Wahyuni Nyimak 
    1 jam · Suka
  • Alizar Tanjung Rio Dwi Cahyono I ALIZAR TANJUNG I Membuat awal cerita yang bagus itu. Barangkali jawaban yang Rio Dwi Cahyono sudah include dalam jawaban saya terhadap Ramdani Abdul Jabar dan Nurmasf Fiverthefunnys. Bikinlah cerita dengan rentang waktu sesaat, kemudian gunakan dialog dan deskripsi. Hindari penggunaan penjelasan.
    1 jam · Suka · 1
  • Nurmasf Fiverthefunnys Penggunaan penjelasan itu seperti penjelasan yg tidak terlalu berhubungan dgn isi cerpen yah? Misalkan memasukan keterangan2 stelah dialog, mungkin?
    1 jam · Suka
  • Maya Lestari Gf Halo semua...kelas menulis cerpennya di sini ya
    1 jam · Suka
  • Arini Airiaririn menyimak smile emotikon
    1 jam · Suka
  • Lia Wt Ka alizar kalau mendeskripsikan ceritanya apa ada trik khusus agar tidak berlarut2 menjelaskan satu hal?
    1 jam · Suka
  • Alizar TanjungIntan Dewi Pranastiti I ALIZAR TANJUNG I Intan Dewi, sebelum saya menjawab pertanyaan Intan. Tersenyumlah intan dahulu, biar saya terangkan persoalan pertanyaan menarik ini. Membuat paragraf awal memang menjadi kesulitan tersendiri bagi para cerpenis. Sebenarnya kesulitan itu muncul karena belum membiasakan diri dengan penggunaan dialog, deskripsi, bermain konflik dari awal. Paragraf itu bisa sja kita mulai dengan dialog di awalnya, bisa juga dimulai dengan deskripsi, bisa juga dimulai dengan narasa. CONTOH: Angin kencang dari timur yang berlalu sesaat menyibak rambut Dira ke balik telinga, menampakkan tahililat yang selama ini tersembunyi di pangkal telinga. "Tahilalatmu rahasia yang selama ini tidak pernah aku ketahui," ujar Dalion. Dalion tepat berdiri di belakang Dira, memeluk Dira sembari memandang sepasang angsa putuh di kolam taman. Hanya mereka berdua di apartemen lantai 3 gaya Belanda ini.
    1 jam · Suka · 2
  • Dina Uswatun Hasanah Malam Kak Alizar Tanjung smile emotikon cara membuat ending yang bagus gimana kak ?
  • Alizar Tanjung Yoggy Satya W I ALIZAR TANJUNG I Pertanyaan yang bagus sekali. Yoggy Satya W tulislah sesuatu yang berdetak dari kata hati Yoggy Satya W. Kemudian olahlah yang berdetak itu secara mendalam. Tak perlu hiraukan soal tema. Sebab gaya kepenulisan itu sendiri akan munculnya seiring dengan kedalaman kita untuk merenungkannya. Fokus kepada tema hanya membuat ribet.
    1 jam · Suka · 1
  • Nickn Sara Mas, sy selalu terkendala dalam penulisan. Kerap kali tulisan sy terkesan bertele-tele menurut pembaca. Padahal sy mencoba menceritakan secara detail. Mohon bimbingannya 
    1 jam · Suka
  • Adam Yudhistira Mantap like emotikon ikut menyimak
    1 jam · Suka · 1
  • Yoggy Satya W Alizar Tanjung hahaha bener juga sih om, saya selama ini memang tidak berpatokan dengan tema, saya kira tema terlalu penting untuk dilupakan. terimakasih pencerahannya smile emotikon
    1 jam · Suka · 2
  • 1 jam · Suka · 1
  • Alizar Tanjung Chaery Ma I ALIZAR TANJUNG I Mengirimkan koran ke tempo dan kompas itu sederhana sekali, kita tinggal kirim lewat email koran mereka, Chaery Ma. Persoalannya adalah karya yang kita kirimkan itu benar-benar bagus dari editannya, kematangan bercerita, kedalaman menggarap konflik.
    1 jam · Suka · 2
  • Novia Erwida Ali, share dong gmn cara fokus nulis. apa harus sekali duduk atau bisa berlarut2?
    1 jam · Suka · 1
  • Kiky Aurora AR Nimbrung ya.
    Kak, bagaimana trik membuat judul yg eye catching dan langsung menarik mata editor utk memilih cerpen kita. Saya sering kesulitan bikin judul. Ujung2nya nulis dulu baru cari judul.
    1 jam · Suka · 1
  • 1 jam · Suka · 1
  • Heri Sutrisno pendiskripsian itulah yang agak sulitt
    1 jam · Suka · 1
  • Alizar TanjungHarumika Sakurai I ALIZAR TANJUNG I Nama yang cantik sekali, saya suka dengan nama ini. Harumika Sakurai mulailah dari konflik , Harumi. Kemudian baru kembali ke kejadian-kejadian sebelumnya. Barangkali kita akan memulai daru suatu peristiwa yang dialami tokoh utama cerpen kita. Sebagai contoh seorang anak perempuan melukis di galeri lukisnya. Dia memulai melukis seorang wanita, wanita yang dia lukis itu adalah dirinya sendiri, kemudian cerita berbalik ke masa lalunya, kemudian dia melukis seorang wanita lagi dan itu adalah kakaknya yang bermuka masam, dia balik lagi ke masa lalu. Dia melukis dua kuburan. Saat diending orangtunya datang mengantarkan makanan ke galeri lukisnya. Sang ibu bertanya kuburan dalam lukisan itu kuburan siapa. Sang anak menjawab. "Kuburan ibu sama bapak."
    1 jam · Suka · 4
  • Risa Pramita Zanuarresmi II Aku sangat sulit mendiskripsikan sesuatu. Seringkali dialog yang saya gunakan. Pertanyaannya lebih bagus mana deskripsi atau dialog?
    1 jam · Suka · 1
  • Intan Dewi Pranastiti Alizar Tanjungmakasih atas pencerahannya grin emotikon
    1 jam · Suka · 1
  • Umar Affiq waw... saya hadir dan menyimak bang.
    1 jam · Suka · 1
  • Fian Sopian waduh saya telat nihh, absen kak. mau nanya nih gimana sih caranya ngembangin konflik supaya konflik cerita kita itu ga monoton?
    1 jam · Suka · 1
  • Alizar TanjungKarunia Sylviany Sambas I ALIZAR TANJUNGI Plot, Karunia. Hmmm jawaban untuk Harumika Sakurai yang saya berikan barusan bisa membantu, aturlah tingkat ketegangan secara perlahan-lahan dalam cerita, kemudian buat dia lebih sistematis dalam urutan bercerita. Karunia Sylviany Sambas usahakan banyak belajar dari cerpen-cerpen penulis perempuan. Bacalah cerpen setiap hari, minimal tiga cerpen. Saya sarankan baca cerpen Clara Ng, Yetti Ka, Ilham Q Moehiddin, cerpen-cerpen mereka cukup menarik untuk dijadikan gaya belajar membuat cerpen
    1 jam · Suka · 4
  • Heldon Nahaya Om, seberapa penting posisi dialog dalam cerpen? bagaimana bila serentet dialog hanya dideskripsikan saja,
    apa akan memengaruhi keindahan cerpen itu sendiri?
    1 jam · Suka · 2
  • Alizar Tanjung Mafidatul Ilmi I ALIZAR TANJUNG I Judul. Salah satu teknik yang bisa dipakai dengan mengambil potongan kalimat dari cerita kita, atau potongan dialog, atau nama tokoh kita sendiri. MISAL: BUNGA YANG KULUKIS I ORANG-ORANG BERAMBUT MERAH I KUDA PONI I TENTANG RINDU YANG KITA PERCAKAPKAN I KISAH-KISAH DI TENGAH MALAM.
    1 jam · Suka · 3
  • Harumika Sakurai Makasih kak atas pujian dan penjabarannya smile emotikon
    kak Alizar Tanjung apa sih triknya biar karya kita mudah menembus media?
    1 jam · Suka · 1
  • Ratna Hana Matsura menyimak, dan mau tanya, bagaimana menghidupkan seting dalam sebuah cerpen agar terkesan nyata, biar tidak terlihat tempelan. terima kasih
    1 jam · Suka · 1
  • Karunia Sylviany Sambas Sangat membantu. Terima kasih, Uda.
    1 jam · Suka · 1
  • Alizar TanjungAdemia Nurul Fuadah I ALIZAR TANJUNG I Nah kenapa Ademia tidak menyiapkan bank data dalam bentuk bukusaku yang bisa dibawa ke mana pun Ademia Nurul Fuadah pergi. Saat ide-ide itu muncul saat itu juga ademia tuliskan ide itu di atas buku saku. Dengan demikian itu tidak akan hilang. Sebab kita tidak akan bisa menuliskan semua itu secara panjang sekaligus, oleh karena itu bikin kata kuncinya saja. Satu atau dua baris. Kalau saat menulis panjang lalu muncul ide-ide itu, biarkan saja dia mengalir dahulu. Barangkali dari satu cerita akan lahir tiga sampai empat cerita. Pemisahannya lakukan pada saat editing tulisan nantiknya.
    1 jam · Suka · 1
  • Eliya Ummu KhaLif uda Alizar Tanjung, saya tidak terbiasa memakai sudut pandang orang ketiga, rasanya kok susah bana, mohon petunjuknya bagaimana cara latihannya..
    1 jam · Suka · 1
  • Karunia Sylviany Sambas Bagaimana peranan sudut pandang bercerita dalam menulis cerpen, Uda?
    1 jam · Suka · 1
  • Agus Pribadi @Mas Alizar : bagaimana cara menghindari karya yg mirip-mirip dengan karya-karya sendiri sebelumnya?
    1 jam · Suka · 1
  • Zida Camelia iya ketika ide muncul gmn caranya agar gk mirip sama karya lain
    1 jam · Suka · 1
  • Alizar TanjungA.f. Ferdians I ALIZAR TANJUNG I Izinkan saya tersenyum dan tertawa kecil menjawab pertanyaan Ferdians. Saya suka dengan cerpen-cerpen yang berdurasi pendek dalam rentang waktu penceritaan. Saya suka cerpen-cerpen yang menggunakan teknik deskripsi yang tenang dan dialog-dialog yang sederhana tetapi berbobot. Bahan bacaan saya lebih banyak buku terjemahan, teknik bercerita mereka membuat saya sadar bahwa begitu banyak kelemahan gaya bercerita yang saya miliki selama ini. Jawaban simpelnya ketika saya bercerita saya harus menyuguhkan cerita saya kepada pembaca seolah mereka sedang menonton film durasi pendek. Tema-tema sosial menjadi pilihan saya untuk novel, kehidupan keluarga mendominasi dalam banyak cerpen saya
    1 jam · Suka · 5
  • Ichsania Khairunnisa Chan Aku mau tanya, kalau aku bikin cerpen pasti kendalanya itu kata-kata, mungkin bisa di bilang terlalu bermajas, jadi akibatnya cerpen yang di bikin itu jadi terlalu panjang, dan kendalanya lagi kalo diikutin lomba kan suka ada batas lembarnya, gimna ya cara mengatasinya? Terimakasih sebelumnya smile emotikon
    1 jam · Suka · 1
  • Rifky Alfiannur bagaimana menceritkan cerita yg di dalamnya terdapat banyak karakter yg berbincang. . Serta membuat nama karakter
    1 jam · Suka · 1
  • Tertyanta Sang Puisiwan Mau tanya bagaimana caranya menuliskan ucapan tokoh tapi yang diucapkan dalam diri tokoh? apakah harus ditulis dengan huruf miring atau bagaimana?
    1 jam · Suka · 1
  • Alizar TanjungLia Wt I ALIZAR TANJUNGI Caranya memang dengan memulai cerita ketika konflik masuk, Lia. Atau saat suspen cerita kita dijadikan dibagian awal. Karena kalau tidak demikian cerita kita memang akan menjadi kepanjangan, apalagi terlalu banyak konflik di dalamnya. Mulailah deskripsi dengan kejadian sesaat, seolah cerita itu hanya berlangsung sebentar. Barangkali itu terjadi di taman dan selesai di taman juga, barangkali cerpen itu berlangsung di persimpangan lampu merah dan selesai di sana, barangkali cerpen itu berlangsung di kafe dan selesai di sana. Karena kalau tidak begitu cerita akan menjadi kepanjangan.
    1 jam · Suka · 2
  • Kiky Aurora AR Judul dari potongan cerita ya. Oke. Menarik.

    Tanya lagi. Cara menulis paragraf pembuka yang benar-benar menarik. Boleh nggak saya tulis satu paragraf dan Kak Ali menilai itu menarik atau tidak?
    1 jam · Suka · 2