SUDUT PANDANG PENCERITAAN (Diskusi Rumahkayu Sumbar) - RUMAHKAYU INDONESIA
Trending
Diberdayakan oleh Blogger.
Senin, 11 Mei 2015

SUDUT PANDANG PENCERITAAN (Diskusi Rumahkayu Sumbar)

MINGGU, 10 MEI 2015
Diskusi umum yang dihadiri oleh para pegiat kepenulisan dari beberapa kampus, seperti IAIN Imam Bonjol Padang, UNAND, STAIPIQ Sumbar, dan juga oleh pimpinan RumahkayugroupAlizar Tanjung ini dimulai pukul 14.00 WIB di Reading Room lantai dua Sari Anggrek Kota Padang.

Diskusi dimulai dengan pengecekan 'spirit level' oleh pimpinan Rumahkayu Group, melalui pertanyaan-pertanyaan seperti berapa naskah yang ditulis dalam seminggu ini, karya apa yang sedang dikerjakan sekarang, apa hambatan, juga target-target yang akan dicapai, semua itu bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi semangat, motivasi, dan target peserta diskusi dalam peningkatan karya-karyanya.

"Semua yang direncanakan dan dilakukan akan hilang dan menjadi tidak berguna ketika kita menanamkan adanya kemustahilan dan kesulitan di dalam benak kita," ujar Alizar Tanjung.

"Contohnya seperti ini, saya ingin menulis novel remaja dan sudah mulai saya kerjakan sekitar dua puluh halaman, tapi membosankan, saya beralih dulu ke cerpen. Dengan pola berpikir dan berbicara seperti ini menunjukkan keinginan menulis novel remaja dan dua puluh halaman tulisan itu menjadi sia-sia dan tersingkirkan lantaran ada kata 'tapi' dan 'membosankan' ini. Bagaimana kalau diganti pola pikir kita, 'Saya ingin menulis novel remaja dan sudah saya kerjakan dua puluh halaman. Di samping itu, saya sekarang juga tengah menekuni penulisan cerpen," sambungnya.

"Jadi, walaupun novel remajanya baru dua puluh halaman dan masih ditinggalkan, akan tetapi tidak akan menjadi hilang, karena tidak ada kata 'tapi' yang digunakan, yang akan menjadikannya terkesan sulit dan mustahil."

Dalam pengembangan karya, hal utama yang sangat diperlukan adalah kepercayaan diri. Kepercayaan diri akan memupuk semangat agar terus berkarya, terus belajar, terus meningkat dan lebih baik lagi.

Selain mendiskusikan seputar spirit level dan motivasi, diskusi juga membahas tentang bagaimana peningkatan karya tahap demi tahap dan seputar kepenulisan cerpen.
SUDUT PANDANG PENCERITAAN (Diskusi Rumahkayu Sumbar) Reviewed by Alizar Tanjung on 19.27.00 Rating: 5 MINGGU, 10 MEI 2015 Diskusi umum yang dihadiri oleh para pegiat kepenulisan dari beberapa kampus, seperti IAIN Imam Bonjol Padang, UNAN...

Tidak ada komentar: