TULISANKU ENGGAK KELAR-KELAR, GIMANA SOLUSINYA - RUMAHKAYU INDONESIA

728x90 AdSpace

Trending
Diberdayakan oleh Blogger.
Senin, 03 Agustus 2015

TULISANKU ENGGAK KELAR-KELAR, GIMANA SOLUSINYA



"Aku sering bikin tulisan Kak, namun gak kelar-kelar. Pasti mapet di pertengahan jalan. Begitu seterusnya Kak. Ntar muncul lagi ide baru. gimana itu ya kak?"

Nah ini salah satu pertanyaan dari penulis yang masuk ke inbok admin. Biar pertanyanyaan ini tidak hanya menjadi jawaban satu orang, Kak Admin share jawabannya di sini.

Kak Admin di awal-awal penulis juga mengalami hal yang sama di tahun 2007. Penulis-penulis terkenal lainnya juga mengalami hal yang sama. Karena itu hal wajar dalam proses kreatif. Yang enggak wajar itu enggak pernah nulis.

Jadi pertama bagi yang mendapatkan hal seperti ini, bilang sama diri sendiri. "Alhamdulillah tulisan aku belum kelar juga. Itu tandanya aku harus lebih banyak lagi menulis."

Penyebab tulisan itu enggak kelar-kelar, pertama karena menulisnya enggak rutin. Nulisnya hanya satu kali seminggu. Terkadang satu kali lima belas hari. Kalau menulis seperti ini, maka tulisannya benar-benar enggak bakalan kelar. Bahkan mapet di tengah jalan.


Biar tulisan enggak mapet di tengah jalan, kamu biasain nulis setiap hari. Awalnya mungkin enggak kelar-kelar. Tetapi karena kamu biasain setiap hari selama seminggu, maka perlan-halan tulisanmu bakal kelar dengan sendirinya. Kenapa bisa? Karena otak kita dilatih untuk belajar merunut ide dengan proses latihan setiap hari selama seminggu.

Penyebab lain tulisan enggak kelar-kelar, karena enggak yakin dengan tulisan kita sendiri. Kita merasa jelek sama tulisan sendiri. Padahal yang harus diyakini dulu, bahwa tulisan kita adalah tulisan terbaik sedunia. Nah, biar semangat buat menyelesaikan tulisannya.

Terus apalagi yang buat tulisan enggak kelar, kita kurang baca. Nah bagi kamu penulis, bacanya harus lebih banyak daripada nulisnya. Kalau nulisnya lima halaman per/hari, bacanya 50 halaman per/harinya. Biar banyak ide yang mengalir secara runut dalam kepala.

Terus lagi tulisan yang enggak kelar-kelar, karena disebabkan kurang mau berimajinasi. Kamu mesti rajin berimajinasi dalam kepala. Bikin imajinasi itu kalau dia enggak muncul dengan sendirinya.

Misal selama ini kamu bikin cerpen dengan tokoh yang biasa saja. Cantik, ganteng, putih. Sekarang bikin tokohnya yang unik. Misalnya tokohnya cantik, hidung mancung melengkung, telinganya panjang seperti kurcaci. Matanya biru seperti safir. Terus ada tahilalat mirip aple kecil di dagunya. Bangun imajinasimu biar tulisannya enggak mapet.

Nah bagi kamu yang kebanjiran ide. Nah itu bagus. Caranya kamu bagi-bagi ide itu dalam bentuk coret-coretan kecil biar enggak mengganggu pengerjaan tulisan yang sedang kamu tulis. Ide itu bikin di booknote, terus simpan dulu, kalau dibutuhkan kita tinggal ambil booknote.

Demikian share dari kak admin. (Kak A.T.)

YUKS DAFTAR JADI ANGGOTA RUMAHKAYU SEKARANG JUGA DI LINK INI http://www.rumahkayuindonesia.com/2015/06/panduan-pendaftaran-keanggotaan.html
TULISANKU ENGGAK KELAR-KELAR, GIMANA SOLUSINYA Reviewed by Alizar Tanjung on 22.12.00 Rating: 5 "Aku sering bikin tulisan Kak, namun gak kelar-kelar. Pasti mapet di pertengahan jalan. Begitu seterusnya Kak. Ntar muncul lagi ide...

Tidak ada komentar: