SETTING PIKIRAN UNTUK MELEJITKAN POTENSI - RUMAHKAYU INDONESIA

728x90 AdSpace

Trending
Diberdayakan oleh Blogger.
Kamis, 15 Oktober 2015

SETTING PIKIRAN UNTUK MELEJITKAN POTENSI


Padang_ Lembaga FKI_KU (Forum Kajian Islam Khairu Ummah), BSO Senat Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Padang, mengangkatkan seminar Bimbingan Makalah untuk mahasiswa baru, Rabu, 17 September 2015. Acara dilaksanakan di Gedung Serba Guna IAIN Imam Bonjol Padang. Fokus seminar: Pertama, pembuatan makalah yang baik dan benar yang benar yang diberikab oleh Dr. Darmayenti, M.Ag. Kedua, presentation skill yang dibawakan oleh Alizar Tanjung, pegiat Rumahkayu Indonesia, sekaligus founder Penerbit Rumahkayu Publishing.
Acara seminar ini dihadiri lebih dari 300 mahasiswa dari 6 fakultas yang ada di IAIN Imam Bonjol Padang.

Menurut Mezi selaku panitia, mahasiswa Fakultas Tarbiyah, acara ini diadakan untuk membekali mahasiswa agar mampu menjadi pembuat makalah serta pembicara yang handal.

"Pembekalan ini bertujuan agar mahasiswa mampu mempresentasikan makalahnya dengan efektif," ujarnya. Setelah pembekalan selesai mahasiswa dapat membuat makalah sesuai standar akademik dan dapat menampilan makalah dengan tepat, tetap humoris.

Pemateri pertama yang diasuh oleh Dr. Darmayenti menyampaikan teknik pembuatan makalah yang efektif. Menurutnya dalam menulis makalah, mahasiswa harus benar-benar harua menjadi pembaca yang baik, dengan demikian pemakalah benar-benar selektif dalam mencari referensi.

Pemakalah juga mesti memerhatikan penggunaan bodynote, footnote, daftar pustaka. Pemekalah juga harus paham kapan harus menggunakan ibid, op.cit., loc.cit.

"Untuk menjadi seorang penulis kita harus banyak membaca, membaca satu buku satu hari," ujar Darmayenti.

Pemateri Presentation Skill memulai materi dengan unlimited power, kekuatan tanpa batas. Menurut Alizar Tanjung seseorang itu mampu berbicara dengan baik di depan umum dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantara faktor itu adalah keyakinan.

Keyakinan mampu menggerakkan seseorang untuk menjadi orang yang berpotensi ataupun sebaliknya. Setting pikiran untuk mendapatkan potensi yang diinginkan. Dia menambahkan pembicara yang baik itu butuh energi, sistem nilai, gairah ataupun tujuan yang powerfull.
"Dua orang sahabat sama-sama memulai impian mereka dari garis star. Sahabat pertama sukses sampai garis finish pintu kesuksesannya. Sahabat yang satu lagi masih berdiam di garis star. Apa yang membuat capaian mereka berbeda? Hal ini di antaranya disebabkan kinerja pikiran mereka," ujar Alizar Tanjung, Pegiat Rumahkayu Indonesia ini.

"Kegagalan saat pertama kali menyampaikan materi, hadapi dengan santai. Kegagalab kedua, ketiga. Hadapi dengan senyuman. Kegagalan itu harua ada untuk sebuah capaian yang diinginkan," ujarnya.
Acara diikuti dengan alat oleh peserta seminar. Mereka bertahan sampai acara selesai. Para peserta terlibat aktif dalam seminar. ‪#‎RumahkayuIndonesia‬
SETTING PIKIRAN UNTUK MELEJITKAN POTENSI Reviewed by Alizar Tanjung on 20.46.00 Rating: 5 Padang_ Lembaga FKI_KU (Forum Kajian Islam Khairu Ummah), BSO Senat Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Padang, mengangkatkan se...

Tidak ada komentar: