YUK, IKUTI PENERBITAN “UNGKAPAN HATI UNTUK SESEORANG” [DL 9 September 2016] - RUMAHKAYU INDONESIA
Trending
Diberdayakan oleh Blogger.
Kamis, 11 Agustus 2016

YUK, IKUTI PENERBITAN “UNGKAPAN HATI UNTUK SESEORANG” [DL 9 September 2016]


Penerimaan Naskah Dimulai : 12 Agustus 2016
Penerimaan Naskah Ditutup : 9 September 2016
Pengumuman Naskah Terpilih : 23 September 2016

Dalam hidup, tentu ada seseorang yang padanya tercurah segalanya yang kita punya. Biasanya, pada ‘seseorang’ yang seperti itu, selalu ada banyak hal yang ingin kita ungkapkan dengan sepenuh hati, namun tidak pernah ada satu kata pun yang pas untuk menjelaskannya. Benar bukan? Ada banyak hal yang kita simpan baik-baik, rapat-rapat jauh dalam jiwa. Kita berharap bisa segera membuatnya tahu dan mengerti. Namun apa daya, lidah selalu saja kelu, bibir terus saja menjadi kaku, dan pada akhirnya, semua itu tetap tersimpan begitu saja. Ya begitulah!

Setiap kita selalu punya sesuatu untuk dikatakan kepada seseorang. Entah itu permintaan maaf, pengakuan, ungkapan terima kasih, ungkapan sayang, maupun kejujuran. Apa saja! Selalu ada banyak hal yang kita simpan dari orang lain, yang sesungguhnya kita sangat ingin menyampaikannya. Namun tak pernah bisa. Oleh sebab itu, kali ini Rumahkayu Publishing, divisi penerbitan Rumahkayu Pustaka Utama mengadakan event yang akan membantumu mengungkapkan apa yang mesti kamu ungkapkan kepada seseorang yang memang semestinya mengetahuinya.

Yusrina Sri, General Manager Rumahkayu Pustaka Utama menuturkan, “saya tak pernah bisa menyampaikan langsung betapa berharganya Ibu bagi saya, bagaimana saya tumbuh dan hidup karena kesabarannya dalam bertahan, bahkan dengan bahasa yang paling sederhana sekalipun, saya tidak bisa. Namun, Ibu selalu mengetahui segala yang tak mampu saya katakan. Dan salah satunya melalui tulisan. Ibu menemukan semua tentang dirinya dan segala perasaan saya saat membaca apa yang saya tulis. Maka, itu cukuplah bagi saya.”

Nah, sekarang giliran kamu. Tuliskan apa saja yang ingin kamu sampaikan kepada ayah, ibu, kakak, adik, suami, istri, teman, sahabat, guru, seseorang yang istimewa, seseorang yang pernah kamu lukai, seseorang yang pergi, siapa pun, siapa saja yang padanya kamu ingin menyampaikan segalanya. Tuliskan. Ikutsertakan di event ini. Bila ‘ungkapan hati’ milikmu terpilih dan diterbitkan menjadi sebuah buku, berikanlah pada orang tersebut. Kirimkan padanya sebuah buku yang di dalamnya tersimpan rapi semua curahan hatimu yang terdalam, curahan hatimu untuknya. Agar ia tahu segala yang tak bisa kamu ucapkan secara langsung. Agar segala cinta berpadu, segala luka sembuh, segala salah termaafkan, dan bahagia didapatkan.

Berikut ketentuan yang mesti kamu perhatikan :

1. Penerimaan naskah dimulai tanggal 12 Agustus 2016 dan penerimaan naskah ditutup pada tanggal 9 September 2016 jam 23.59 WIB. Naskah yang dikirim sebelum dan sesudah tanggal tsb tidak akan diproses sama sekali. Pengumuman naskah terpilih pada tanggal 23 September 2016.


2. Gaya bercerita bebas. Tulislah apa yang ingin kamu sampaikan pada ‘seseorang’ itu dengan khas dan gayamu yang paling alami, sungguh-sungguh, dan jujur.

3. Akan dipilih 50 ‘ungkapan hati’ yang paling menyentuh dan jujur untuk dibukukan ke dalam 2 antologi bersama.

4. Penulis umum (baik anggota Rumahkayu Indonesia maupun nonanggota, lelaki maupun perempuan, pelajar maupun mahasiswa, dewasa maupun muda, semua boleh).

5. Naskah ditulis di microsoft word 2003 atau 2007, ukuran kertas kuarto A4, jenis huruf Time New Roman, ukuran huruf 12 pt. Margin Left dan Top 4 cm, Right dan Bottom 3 cm.

6. Panjang tulisan maksimal 5 halaman (tidak termasuk biodata), spasi 1,5.

7. Naskah diketik rapi, sesuai EyD, tidak mengandung unsur SARA, tidak melanggar norma dan tata krama.

8. Masing-masing peserta hanya dibolehkan mengirim 1 (satu) tulisan.

9. Di akhir tulisan dicantumkan profil penulis dalam bentuk narasi (maksimal 10 baris), serta foto diri (wajib), dan mencantumkan alamat domisili yang lengkap, email, dan nomor telepon yang dapat dihubungi (wajib).

10. Naskah dikirim ke email: redaksirumahkayu@gmail.com(di attachment tidak di badan email) dengan subjek email EVENT PENERBITAN UNGKAPAN HATI.

11. Peserta mesti membagikan postingan event ini di akun facebook peserta dengan menandai minimal 10 orang teman dan peserta mesti me-like fanpage Rumahkayu Publishing (https://www.facebook.com/Rumahkayu-Publishing-662369533871371/)

12. Dengan ikut sertanya peserta dalam event ini berarti peserta telah menjamin bahwa tulisan yang diikutsertakan adalah tulisan asli peserta, bukan saduran/jiplakan, dan belum pernah dipublikasikan di media mana pun baik koran, majalah, blog, dan sebagainya. Dan peserta siap bertanggung jawab bila di kemudian hari ditemukan hal-hal yang melanggar ketentuan event.

13. Tulisan yang masuk akan mendapat balasan dari admin Rumahkayu Indonesia. Hal-hal teknis akan diinfokan oleh Admin melalui email masing-masing.

14. Nama-nama peserta lomba yang tulisannya telah diterima dan nama-nama penulis yang tulisannya lolos akan diupdate dan diumumkan di grup Forum Rumahkayu Indonesia https://www.facebook.com/groups/321443527943989/?ref=bookmarks dan fanpage Rumahkayu Publishing (https://www.facebook.com/Rumahkayu-Publishing-662369533871371/)

15. Tulisan akan diseleksi oleh tim juri Rumahkayu Indonesia. Setiap keputusan dewan juri tidak dapat diganggu-gugat.

16. Setiap peserta akan mendapat piagam penghargaan berupa e-sertifikat nasional sebagai peserta. Dan setiap peserta yang karyanya dibukukan akan diberi e-sertifikat nasional sebagai kontributor. Sertifikat akan dibagikan setelah cover buku antologi selesai sebab di sertifikat akan dicantumkan cover buku tsb.

17. Event ini adalah event penerbitan antologi bersama, bukan lomba, guna mewadahi kreativitas para penulis Indonesia.

18. Buku antologi ini akan diterbitkan oleh Rumahkayu Publishing, divisi penerbitan Rumahkayu Indonesia dan penulis tidak dipungut biaya apa pun terkait event, penerbitan dan percetakan.

19. Royalti penjualan buku tersebut (di luar pembelian yang dilakukan oleh penulis) akan dialokasikan untuk aksi sosial ke Pondok Tahfiz Quran Hasanah.
Segera tulis dan kirim tulisanmu! Biarkan ia tahu hatimu! :)

Salam sukses selalu!
Rumahkayu Publishing

Web    : www.rumahkayuindonesia.comdan erkapublishing.com
Twitter : @erkapublishing
Call Center/WA : 082169576894

YUK, IKUTI PENERBITAN “UNGKAPAN HATI UNTUK SESEORANG” [DL 9 September 2016] Reviewed by Yusrina Sri on 20.22.00 Rating: 5 Penerimaan Naskah Dimulai : 12 Agustus 2016 Penerimaan Naskah Ditutup : 9 September 2016 Pengumuman Naskah Terpilih : 23 September 2...

1 komentar: