4 Proses Menulis Dewi Lestari "Dee" yang Harus Kamu Ketahui - RUMAHKAYU INDONESIA

728x90 AdSpace

Trending
Diberdayakan oleh Blogger.
Kamis, 20 Oktober 2016

4 Proses Menulis Dewi Lestari "Dee" yang Harus Kamu Ketahui

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu penulis wanita ternama di negeri ini “Dee” atau Dewi Lestari.  Novel Supernova adalah karya fenomenalnya bersama penerbit Bentang Pustaka, selain Supernova Dee juga sudah banyak melahirkan karya-karya indah bahkan sudah ada juga yang di bawa ke layar lebar. Berikut ini saya akan memaparkan beberapa cara proses Dee menulis sebuah buku.

1.      Manfaatkanlah Berbagai Media Sekitar untuk Belajar.
Dewi Lestari mengatakan generasi sekarang ini sudah lebih beruntung sebab banyak sekali media digital untuk digunakan sebaik-baiknya untuk berkarya dan dimanfaatkan untuk hal-hal berguna, maka manfaatkanlah sebagai kemudahan.

2.      Keep It Small

Memulai dari yang kecil dan dari yang kita sukai  karena itu akan menjadikan proses menulis kita mudah, menyenangkan dan tidak memberatkan hal ini sangat dianjurkan oleh Dee sebagai langkah awal. Berikutlah buatlah “Keep It Small” atau target kecil-kecilan  sebagai contohnya menulis di blog, diary dan lain-lain. Jangan langsung ingin memiliki buku best seller atau ingin dimuat majalah ternama, jika bisa mencapainya itu bukan jadi sebuah masalah tapi jika tidak hal itu akan membuat kita cidera. Ingat menulis itu sama seperti kita melatih otot, harus dilakukan secara bertahap agar kita tidak mengalami cidera yang berimbas pada matinya bakat menulis kita, hilangnya kepercayaan diri terhadap kemampuan menulis. Pastikan menulis untuk melatih kemampuan kita, lalu buat target kecil-kecilan dan terus tingkatkan secara bertahap, agar pertumbuhan kita sebagai penulis ‘sehat’ dan tidak menciderai diri sendiri.

3.      Keep It Going

Menulis dan terus menulislah, di era sekarang kita sudah banyak mendapat kemudahan media untuk kita berekspresi dalam karya, kita punya blog, media sosial, itu artinya kesempatan kita untuk berkarya dan bersuara semakin besar peluangnya. Namun tentunya persaingan pun semakin banyak, akan tetapi menurut Dee hal itu jangan terlalu dipikirkan, sebenarnya menulis ialah proses personal untuk mengenal diri kita. Setiap penulis memiliki khas dan penikmat masing-masing dan penikmat pastilah bersanding denga orang yang tidak menikmati karya kita hal itu pasti dialami oleh setiap karya tulis.  So, menulislah sebanyak dan sebaik mungkin.

4.      Menulislah tanpa berpikir tulisan kita akan best seller atau tidak, akan laku atau tidak dan akan disukai, dibaca orang atau tidak.

Menulis itu sebenarnya kita sedang menghadiahi diri kita, kita sedang mengukir sejarah, seperti penulis Fadh Djibran ia menulis sesuai keinginannya kerena tidak ingin dilupakan sejarah. Fadh juga berujar bahwa ia lebih mengenal Pramoedya Ananta Toer ketimbang kakeknya kerena Pramoedya menulis. Jadi menulislah karena sesungguhnya kita sendang menciptakan sejarah. [@fahryalamsyah92]

#ProsesMenulis #DewiLestari 
sumber refrensi : Triva.com 
4 Proses Menulis Dewi Lestari "Dee" yang Harus Kamu Ketahui Reviewed by rumahkayu on 00.30.00 Rating: 5 Siapa yang tidak kenal dengan salah satu penulis wanita ternama di negeri ini “Dee” atau Dewi Lestari.    Novel Supernova adalah karya fe...

Tidak ada komentar: