BILA KELAK KAU MEMUTUSKAN PERGI - RUMAHKAYU INDONESIA

728x90 AdSpace

Trending
Diberdayakan oleh Blogger.
Senin, 14 November 2016

BILA KELAK KAU MEMUTUSKAN PERGI

Pada hari-hari yang entah, aku berkali-kali mengulang-ulang tanya dalam hati; bila suatu hari nanti kau memutuskan pergi, akan bagaimana hati ini? Alasan seperti apa yang akan kau beri? Sudah tak lagi mencintaikukah? Tak lagi muncul rindukah? Atau kalau-kalau kau merasa salah menilai bahwa akulah takdirmu? Entahlah! Dan dadaku selalu nyeri setiap kali membayangkannya. Sakit tak terperi persis di setiap kali aku mengingat-ingatnya. Oh! Adakah kau pun melakukan hal yang semisal yang kulakukan ini; mereka-reka bila kelak aku yang memutuskan pergi?

Jika kelak kau memutuskan meninggalkan hati yang sudah sekian lama kau huni, semoga sehari sebelum kepergianmu, kau masih akan mengingati hari-hari yang kita mulai dengan sapaan cinta, tegukan teh, kopi di kafe yang sudah tak asing lagi bagi kita, atau malam-malam yang kita sudahi dengan cerita-cerita yang tak pernah kandas, kata-kata sederhana yang tak pernah sempurna dan purna dalam mengungkap cinta, dan segala sajak entah berentah, namun selalu candu kau simak. Oh, ingat-ingatlah lagi hari-hari kita, setelah itu, terserah dirimu; tetap memutuskan pergi atau kembali menemani.

Bila kelak kau pergi meninggalkanku dan membiarkanku melewati hari-hari seorang diri, tak lagi sama-sama duduk menikmati senja dan cerita-cerita, tak lagi saling melempar kata rindu, saling diam mendiamkan, saling menunggu siapa yang akan menyembunyikan ego dan menyapa lebih dulu, lalu pada akhirnya sama-sama membisikkan; aku rindu! Bila kelak kau benar-benar pergi, alangkah sepinya, bukan hanya hari-hari, namun pasti juga hati.

Aku, sebagai sosok yang akan selalu menjatuhkan hati, diri, bahkan hidup dan mati padamu berkali-kali, sejak kali pertama, aku tak pernah mensyaratkan kau harus memaksakan diri bertahan. Bila menurutmu sudah saatnya mengakhiri, maka akhirilah! Aku tak apa. Namun, usah kau tanyakan bagaimana hatiku, seberapa remuknya jiwa. Usah juga kau syaratkan aku agar segera lupa pada hari-hari yang penuh rupa warna, pada cinta yang selalu membuatku lena, dan rindu-rindu yang menjadi candu setiap waktu. Jika menurutmu sudah masanya untuk meninggalkanku, maka tinggalkanlah! Namun, satu saja pintaku, sehari sebelum kau pergi meninggalkan segala tentang kita, tengoklah masa-masa lampau, sedikit saja. Masa-masa yang rasanya tak perlu lagi kujabarkan berapa banyak kenangan di dalamnya. Setelah itu, putuskanlah; tetap meninggalkanku atau bertahan di sisiku!

Dan, bila saat paling menyakitkan itu tiba (juga), harapku rindu akan menuntunmu kembali, pulang, menjadi pengisi hati dan hari-hari lagi. Semoga![YS]
BILA KELAK KAU MEMUTUSKAN PERGI Reviewed by rumahkayu on 18.16.00 Rating: 5 Pada hari-hari yang entah, aku berkali-kali mengulang-ulang tanya dalam hati; bila suatu hari nanti kau memutuskan pergi, akan bagaimana...

Tidak ada komentar: