4 Tips Asyik Nulis Versi Tere Liye - RUMAHKAYU INDONESIA

728x90 AdSpace

Trending
Diberdayakan oleh Blogger.
Rabu, 21 Desember 2016

4 Tips Asyik Nulis Versi Tere Liye

JAKARTA - Semangat menulis di kalangan mahasiswa masih terbilang minim. Kesulitan menemukan ide cerita menarik kerap kali menjadi tameng para kaum muda untuk mulai menulis.  
Padahal, menurut seroang novelis ternama Indonesia, Tere Liye, hal terpenting dalam menulis adalah memiliki sudut pandang yang berbeda. Dalam acara Popular Seminar Writing of Indonesia (POSEIDON) 2013 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dia menyatakan, sudut pandang berbeda membuat orang menuliskan hal biasa menjadi luar biasa.

''Tips pertama, seorang penulis yang baik harus punya sudut pandang yang berbeda. Bohong bila banyak orang bilang tidak punya ide. Sesuatu yang sederhana bisa terlihat istimewa saat sudut pandang yang digunakan berbeda," ujar Tere, seperti disitat dari ITS Online, Senin (15/4/2013).

Bang Tere -begitu dia biasa disapa- mencontohkan seorang ibu rumah tangga yang merasa terbatasi. Di balik keterbatasan yang dirasakan seorang ibu rumah tangga, lanjutnya, sebenarnya mereka dapat menulis sesuatu yang mudah seperti menulis resep masakan.

Dalam balutan celana jeans dan sweater hijau, Tere pun mengajak seluruh peserta untuk membuat paragraf dari sebuah kata sederhana, yakni hitam. Kegiatan ini dimaksudkan agar peserta yang hadir dapat keluar dari sudut pandang biasanya dan berpikir dengan cara yang berbeda.

''Dengan kata hitam saja sebenarnya bukan cuma mendeskripsikan warna. Tapi bisa saja dikembangkan hingga membentuk sebuah novel,'' terang pria bernama lengkap Darwis Tere Liye itu.

Bak tentara yang sedang berperang, seorang penulis juga harus memiliki amunisi. Menurut pria berdarah Melayu itu, amunisi yang harus dimiliki berupa hasil observasi, pengamatan, serta referensi bacaan melalui buku. "Semakin banyak bekal atau amunisi yang dimiliki, semakin memudahkan proses menulis karena terdapat banyak variasi," ungkapnya.

Pria yang gemar menonton sepak bola itu menjelaskan, tidak ada tulisan yang baik atau jelek. Dia menyatakan, hanya ada tulisan yang relevan atau tidak relevan.

"Pandangan tiap individu akan suatu tulisan berbeda-beda. Setidaknya tulisan itu relevan bagi diri sendiri. Bila kita masih menganggap tulisan itu bermanfaat bagi diri kita, ya langsung tulis saja,'' tutur Tere.

Dia menyatakan, menulis walaupun sedikit lebih baik daripada tidak menulis sama sekali. Maka, dia pun merangkum tips terakhir terkait menulis yang menginspirasi dalam sebuah kalimat.

"Kalimat pertama adalah mudah, gaya bahasa adalah kebiasaan, dan penutup bisa apa saja. Hal yang paling penting adalah langsung melakukan yang terbaik. Dengan menulis karya kita dapat dibaca dan menginspirasi banyak orang,'' imbuh alumni Teknik Perkapalan ITS tersebut.
(mrg)
4 Tips Asyik Nulis Versi Tere Liye Reviewed by rumahkayu on 04.07.00 Rating: 5 JAKARTA -  Semangat menulis di kalangan mahasiswa masih terbilang minim. Kesulitan menemukan ide cerita menarik kerap kali menjadi tameng ...

Tidak ada komentar: