BEBERAPA HAL YANG BISA MEMBUNUHMU UNTUKMU: AKU YANG LAIN (Bagian 2) - RUMAHKAYU INDONESIA

728x90 AdSpace

Trending
Diberdayakan oleh Blogger.
Senin, 05 Desember 2016

BEBERAPA HAL YANG BISA MEMBUNUHMU UNTUKMU: AKU YANG LAIN (Bagian 2)

BEBERAPA HAL YANG BISA MEMBUNUHMU
UNTUKMU: AKU YANG LAIN
(Bagian 2)

Oleh Fitria Osnela

Terlalu mudah mengatakan ‘Aku sudah memaafkanmu’, ‘Aku tidak apa-apa’, ‘Baiklah, Aku akan melakukannya untukmu’. Lorong masa lalu adalah lampu penerang. Aku bisa melihat bagaimana dengan mudahnya kamu melontarkan kata-kata  itu  tanpa peduli pada perasaan yang sesungguhnya sedang kamu rasakan. Kamu membiarkan dirimu terluka. Sebenarnya jauh di dalam hatimu, masih ada sesuatu yang ingin kamu konfirmasikan, tapi kamu membenamkannya dengan paksa seolah-olah tidak ada lagi yang perlu dilakukan. Semua sudah selesai. Kamu sudah memaafkannya. Semua baik-baik saja. Seumpama kamu menjadi aku dan dia menjadi kamu. Kamu adalah temanku, semua hal yang menyakitimu ketika aku minta maaf padamu sudah hilang. Kamu tidak perlu melakukan apapun lagi untuk menambah rumit hubungan pertemanan kita. Mari kita akur. Hal yang terpenting adalah aku, bukan kamu.
 Padahal tidak seperti itu. Ada sesuatu yang masih terpendam jauh.  Kamu sungguh tak punya keberanian untuk  mengungkapkannya. Diam adalah pilihanmu. Dalam diammu itu, kamu mulai mengambil jarak. Membatasi diri. Tapi sesungguhnya, itu bukanlah cara yang tepat. Kamu boleh bersitegang urat syaraf dulu untuk tahu dan bisa menerima beberapa hal dengan lapang dada. Ini lebih baik daripada menyimpan sesuatu yang bisa jadi bukanlah sesuatu yang penting, tapi menyakitkan bagi kamu.
Kamu tidak harus mengabulkan semua keinginan oranglain. Adakalanya kamu harus bisa mengatakan, ‘Maaf aku tidak bisa’ . Kamu pikir, begitu senangnya menjadi penolong bagi oranglain. Kamu pikir semua orang juga akan melakukan hal yang sama untukmu. Tapi tidak. Lihat bagaimana kamu dimanfaatkan oleh itu. Kamu merasa sakit. Kamu merasa telah mengorbankan beberapa hal tapi tidak ada yang menghargai kebaikan yang kamu berikan. Ini sungguh fatal. Kamu jadi sering mengingat tentang bagaimana kamu baik pada oranglain, tapi tidak ada yang menghargai kebaikanmu. Tunggu dulu, kamu hanya lupa untuk menghargai kebaikanmu sendiri, bukan mengharapkan penghargaan dari oranglain.
 Tapi karena ini, kamu tidak boleh berhenti menjadi baik. Kamu hanya perlu berhenti mengatakan ‘ya’ pada apa-apa yang sesungguhnya kamu tidak ingin melakukannya. Lebih baik katakan saja ‘Maaf, aku tidak bisa.’ Orang-orang boleh tidak memahami kamu, sebab bukanlah tugasmu untuk menyenangkan dan mewujudkan keinginan orang-orang.
Kamu begitu menghargai oranglain. Sekali lagi kamu tidak ingin orang-orang merasa tersakiti, terluka, atau apapun tersebab akan dirimu. Ah, kamu bahkan berdebat dengan seseorang tentang siapa yang harus dihargai terlebih dahulu. Apakah diri kita sendiri atau oranglain. Kamu harus akui kebenarannya. Kamu harus menghargai diri kamu sendiri terlebih dahulu. Setelah itu, baru kamu bisa dihargai oleh oranglain. Bagaimana mungkin kamu akan menghargai oranglain jika kamu tak mampu  memberikan penghargaan pada dirimu sendiri?
Ah, baiklah. Kamu mungkin berharap, aku akan mengakhiri pengakuan ini sampai di sini dan tidak akan ada lagi pengakuan-pengakuan lainnya. Tapi kamu keliru. Ada beberapa hal lagi yang bisa membunuhmu. (Rumah, 02/12.2016)

BEBERAPA HAL YANG BISA MEMBUNUHMU UNTUKMU: AKU YANG LAIN (Bagian 2) Reviewed by rachajeng okysyailindra on 14.33.00 Rating: 5 BEBERAPA HAL YANG BISA MEMBUNUHMU UNTUKMU: AKU YANG LAIN (Bagian 2) Oleh Fitria Osnela Terlalu mudah mengatakan ‘Aku sudah memaafkan...

Tidak ada komentar: